Layani Masyarakat di Masa Pandemi Covid19, OJK Sumbar Sediakan Layanan Online SLIK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mensosialisasikan Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK Online yang berlaku sejak 1 Januari 2018. Sistem ini menggantikan pemeriksaan debitur yang sebelumnya dilakukan oleh Bank Indonesia atau dikenal dengan BI Checking.

SLIK berfungsi sebagai alat pertukaran informasi perkreditan antar lembaga jasa keuangan untuk mendukung kemudahan akses kredit atau keuangan.

SLIK dapat digunakan untuk mengefektifkan proses penggalangan dana, menerapkan manajemen risiko, menilai kualitas peminjam, dan meningkatkan disiplin sektor keuangan, kata Ketua OJK Sumbar Misran Pasaribu dalam keterangan tertulisnya.

Dikatakan demikian, berdasarkan Surat Edaran OJK (SE) n. 50 / SEOJK.03 / 2017 tentang pelaporan dan permintaan informasi debitur, SLIK merupakan sistem informasi yang dioperasikan oleh OJK untuk mendukung terlaksananya tugas pengawasan dan juga layanan informasi di bidang keuangan.

Pihak yang wajib lapor, jelasnya, adalah bank umum, bank umum syariah, unit usaha syariah, BPR, dan lembaga keuangan. Pihak lain yang dapat melapor adalah lembaga keuangan mikro, financial technology (fintech), termasuk dalam hal ini koperasi simpan pinjam yang memenuhi persyaratan dalam PPJK SLID SLIK.

Laporan dari debitur atau nasabah meliputi informasi mengenai struktur kredit atau pembiayaan, agunan, penjamin, termasuk kualitas penyediaan dana. Permintaan dan penggunaan informasi debitur oleh whistleblower hanya dapat digunakan untuk keperluan mendukung proses fundraising secara berkala, proses seleksi pelaporan pegawai, melakukan audit dan program fraud, jelasnya. , mengutip SE No. 50. SLIK sendiri diluncurkan pada 27 September 2017 dan mulai berlaku pada 1 Januari 2018.

Menanggapi situasi pandemi tersebut, kata Misran, saat ini OJK Sumbar telah menyediakan layanan online untuk beberapa kegiatan, seperti penelusuran SLIK, pengaduan pengguna, hingga pengiriman pertanyaan kunci ke ACA dan ACA melalui laman. Pelayanan online. Ojksumbar.

Melalui portal ini, kata dia, masyarakat yang mengajukan permohonan SLIK tidak perlu datang langsung melainkan hanya mengakses portal yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun atau masyarakat juga bisa langsung masuk ke website simalinkundang.ojksumbar.com. .

Permintaan SLIK online ini hanya dapat dilakukan oleh yang bersangkutan. Semoga dapat membantu masyarakat mendapatkan informasi SLIK dengan lebih praktis. Layanan online OJK Sumatera Barat gratis dan gratis.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *