Jajanan Anak Sederhana dan Menyehatkan

Menjaga kualitas dari makanan yang anak Anda makan adalah salah satu cara yang Anda sebagai soerang ibu butuhkan untuk membantu proses tumbuh kembang si kecil. Anda pasti khawatir dengan apa saja yang dimakan anak Anda ketika ia jajan di lingkungan luar. Jangan sampai si kecil sakit karena jajanan anak yang kurang higienis dan tidak jelas gizinya. Jangan sampai pula anak Anda mengkonsumsi makananan mengandung zat kimia berbahaya seperti formalin atau boraks yang sangat membahayakan kesehatan anak. Maka dari itu Anda sebagai seorang Ibu harus sebisa mungkin menjauhkan anak Anda dari jajanan anak yang tidak sehat. Bagaimana caranya? Caranya adalah membuat sendiri jajanan anak itu di rumah yang jelas kebersihannya terjaga dan terdapat kandungan gizi didalamnya.

Berikut ini adalah beberapa jajanan anak yang dapat Anda buat di rumah guna menjaga asupan gizi anak Anda:

  1. Roti Bakar Coklat
    Anak – anak biasanya sangat menyukai apasaja makanan yang berbahan dasar coklat. Nah, hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh Anda dengan membuat makanan dari coklat ini. Ssalah satunya adalah Roti bakar cokelat yang sangat mudah membuatnya. Hanya tinggal mambahkan cokelat di antara dua roti lalu bakar roti tersebut di teplon.
  2. Donat dari Ubi
    Camilan yang mempunyai bentuk unik bolong di tengah ini memang selalu menjadi jajanan favorit anak – anak. Namun terkadang anak bosan dengan donat yang hanya di goreng saja tanpa variasi. Maka dari itu, cobalah Anda membuat donat dengan tambahan bahan ubi. Pasti rasa dan warnanya sangat mengesankan dan siap untuk menarik perhatian si kecil untuk makan jajanan anak tersebut.
  3. Puding Wortel dan Jeruk
    Siapa yang tidak suka puding? Semua orang pasti menyukainya, termasuk anak – anak. Anda dapat memasukan bahan tambahan seperti buah dan sayur kedalam puding tersebut. Yang biasanya ditambahkan adalah wortel dan jeruk ke dalam puding. Hal ini selain memberikan makanan berigizi juga untuk menyiasati anak yang tidak doyan sayur.
  4. Pie Susu
    Bila Anda tak punya oven untuk membuat pie susu ini, Anda dapat menggunakan wajan anti panas sebagai pengantinya. Bahan yang digunakanpun juga mudah seperti tepung, margarine, kuning telur, susu, maizena dan keju parut. Adanya keju ini juga dapat menarik perhatiaan anak untuk memakanya.
  5. Sosis Berselimut
    Bahan dasar sosis ini memang menjadi daya tarik tersendiri pada anak. Namun, kreasikanlah sosis tersebut supaya anak semakin terterik menyantapnya. Caranya dengan menyelimuti sosis dengan daging asap dan selanjutnya memasaknya.

Itulah tadi beberapa jajanan anak sederhana yang dapat Anda coba di rumah. Tak perlu khawatir karena cara pembuatanya mudah dan tidak memerlukan biaya banyak. Jadi segeralah buat jajanan anak Anda sendiri, agar asupan nustri anak terkontrol dengan baik dan Anak selalu sehat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *