Habitat, Jenis dan Cara Membasmi

Rayap atau hama adalah musuh utama kayu. Serangga ini hidup di koloni, sarang dan hidup di atas kayu, menyebabkan kerusakan dan kerugian ekonomi. Rayap sangat mirip dengan semut, sehingga mereka sering disebut “semut putih”. Serangga ini juga memiliki nama berbeda di setiap wilayah, seperti rayap di Sumatera, dan lain lain. Rayap adalah serangga kuno yang telah ada selama 200 juta tahun dan masih hidup sampai sekarang. Meskipun dianggap serangga yang merusak dan keberadaannya pemilik rumah selalu berusaha untuk memusnahkan dengan cara memanggil pembasmi rayap Jakarta, ternyata serangga pemakan kayu memainkan peran penting dalam lingkungan.

Rayap adalah serangga sosial. Hampir seperti semut dan lebah, koloni rayap juga melakukan sejumlah kasta dengan beberapa tugas. Tetapi dalam filogeni yang sebenarnya tidak ada hubungan antara semut dan rayap.

  1. Kasta pekerja
    Populasi kelas pekerja kecil dan memiliki populasi terbesar dibandingkan dengan kasta lainnya. Pekerja ditugaskan untuk mencari makanan, memberi makan kasta lain, merawat dan membersihkan rayap, membersihkan tubuh kasta lain, dan membuat serta merawat sarang. Selain itu, kelas pekerja juga memiliki tugas kanibalisme, yaitu memakan rayap yang tidak lagi produktif, baik di kalangan pekerja maupun dengan kasta lainnya. Rayap kasta ini adalah penyebab kerusakan material kayu.
  2. Kasta Prajurit
    Rayap dengan status kasta pejuang memiliki kepala besar dan tubuh berotot. Tugas rayap adalah melindungi koloni dari ancaman dan gangguan eksternal. Beberapa pejuang kasta melawan musuh dengan cakar atau rahang dengan menusuk, menggores dan mencubit mereka dengan keras.
  3. Kasta Reproduktif
    Untuk mempertahankan populasinya, ada orang-orang yang hanya memiliki kewajiban untuk bereproduksi. Tugas dari berbagai kasta pengembangbiakan adalah menemukan tempat baru untuk menjajah, membiakkan dan memberi makan spesies yang baru lahir.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *