Contoh Penutup Beserta Saran Makalah

Dokumen makalah ini terdiri dari tiga bagian yaitu pendahuluan, isi atau pembahasan dan penutup. Bagian akhir dari dokumen adalah bagian dari dokumen makalah yang berfungsi sebagai kesimpulan dan saran. Kalaupun penutup adalah bagian terakhir, kamu tidak boleh sembarangan lho dalam membuatnya.

Pada artikel ini, Anda akan diberikan contoh saran dalam makalah dan penutup. Oleh karena itu, alasannya antara lain hal-hal yang perlu ada, cara membuatnya, contoh artikel penutup (contoh kesimpulan artikel dan contoh saran artikel). Seperti apa ya?

Setiap bagian dokumen memiliki kebutuhan dan cara tersendiri untuk mengaturnya. Situasi ini adalah hal yang perlu di bagian itu. Hal-hal apa saja yang harus dimasukkan dalam sampul kertas? Ini dia:

Kesimpulannya

Kesimpulannya adalah bahwa subbagian penutup dari dokumen tersebut ditempatkan lebih dulu. Tidak perlu menulis bagian ini terlalu panjang atau bertele-tele karena ini adalah kesimpulan. Kesimpulan berisi ringkasan diskusi Anda di atas kertas. Bagian ini ditulis untuk ringkasan lengkap artikel Anda saja. Anda dapat menemukan contoh artikel yang berakhir di bagian terakhir ulasan ini.

Saran

Bagian kedua dari dokumen akhir terdiri dari rekomendasi. Saran menurut KBBI adalah pendapat, seperti saran, saran atau ambisi selanjutnya. Penutup biasanya memuat kritik atau saran dari penulis kepada pembaca. Saran ini juga ditujukan kepada calon penulis yang memiliki tema atau topik yang sama untuk dibahas. Sebagai kesimpulan, Anda bisa melihat contoh saran di dokumen makalah di akhir artikel.

Bagian penutup adalah bagian terpendek dari keseluruhan artikel. Bagian ini hanya terdiri dari dua bagian yaitu kesimpulan dan proposal. Idealnya, sampul kertas harus sepanjang satu atau dua halaman. Hal ini memudahkan pembaca untuk mengetahui maksud dan kesimpulan dari artikel yang telah Anda buat. Hal yang sama berlaku untuk saran yang terkait dengan pembahasan artikel Anda.

Bagaimana cara melakukannya

Bagian-bagian dalam dokumen memiliki cara untuk mengaturnya secara individual. Untuk mengisi penutup, Anda dapat mengikuti cara berikut hingga penutupan makalah menjadi penutup yang ideal. Seperti apa?

Bacalah kembali isi makalah

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membaca kembali konten atau pembahasan artikel Anda. Ini agar lebih mudah menarik kesimpulan. Fokus untuk menemukan poin utama dari hasil data yang ada. Jika Anda masih belum mengerti maksudnya, bacalah satu atau dua kali. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir dan mudah mengambil kesimpulan.

Tulis kesimpulan yang benar

Setelah membaca ulang, Anda dapat menarik kesimpulan dari dokumen tersebut. Jadi, Anda bisa menulis kesimpulannya. Perlu diingat bahwa kesimpulan sebenarnya adalah ringkasan dari pembahasan artikel dan ditulis secara singkat, ringkas dan relevan ya.

Saran yang memadai

Kesimpulannya harus jelas, dilanjutkan dengan sub-bagian dua, yang merupakan saran. Untuk menuliskan saran yang sesuai, cukup kaitkan dengan hasil diskusi di atas kertas. Misalnya, artikel Anda berisi penelitian berdasarkan buku referensi atau perpustakaan. Anda dapat memberikan saran atas pidato yang dibahas dan saran untuk peneliti selanjutnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *