Wanita Mencukur Alis Menurut Pandangan Islam yang Penting Anda Tahu

Penampilan yang cantik dan menarik memang menjadi dambaan bagi setiap wanita. Nah, untuk bisa mendapatkan kecantikannya tersebut ada banyak sekali wanita yang rela melakukan berbagai cara untuk itu. Seperti halnya di era modern seperti sekarang, untuk bisa menjadi cantik dan tampil rupawan sudah bukan hal sulit lagi.

Apalagi sekarang sudah ada banyak sekali salon kecantikan yang menyediakan berbagai macam perawatan untuk kecantikan, mulai dari kepala hingga ujung kaki sekalipun. Bahkan tak jarang pula wanita yang rela mencukur bulu alisnya hanya untuk mempercantik diri. Tapi yang jadi pertanyaannya di sini adalah bagaimana pandangan Islam tentang wanita yang mencukur alisnya? Kami lansirkan dari laman IslamExplored.org berikut ada beberapa penjelasan mengenai hal tersebut yang harus Anda tahu.

Wanita Mencukur Alis Menurut Pandangan Islam yang Penting Anda Tahu

Pada dasarnya hukum mencukur alias dalam agama Islam ini sendiri masih ada beberapa perbedaan pendapat di dalamnya. Sebagian ulama mengatakan hal tersebut sah atau boleh dilakukan, tetapi sebagiannya lagi justru mengharamkan kegiatan mencukur alias ini.

Beberapa ulama yang haramkan mencukur alias wanita ini menganggap bahwa yang demikian tersebut sama saja dengan mengubah ciptaan Allah SWT. Tetapi demikian, ada pula yang menganggap hal ini seperti tabarruj dalam Islam.

Sementara itu sebagian ulama lainya yang memperbolehkan mencukur alias wanita berpendapat bahwasannya maksudnya di sini adalah mencukur alias hingga ke akar – akarnya. Mereka berpendapat bahwa mencukur alias diperbolehkan jika mendapat izin dari suami atau ditujukan untuk menyenangkan hati suami. Tetapi tidak diperbolehkan jika memiliki tujuan yang lain, seperti untuk bersolek serta mengumbar kecantikan di depan khalayak luas.

Dari An-Nu’man bin Basyir ra ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya yang halal itu jelas, sebagaimana yang haram juga jelas. Diantara keduanya ada perkara syubhat yang masih samar – samar tidak diketahui oleh banyak orang. Barang siapa yang menghindarkan dirinya dari hal – hal yang berbau syubhat, maka ia telah selamatkan agama dan kehormatannya. Dan barang siapa yang terjerumus dari perkara syubhat, maka ia bisa jatuh pada perkara yang haram. Sebagaimana ada seorang pengembala yang sedang menggembalakan ternaknya di sekitar tanah yang terlarang yag hampir menjerumuskannya. Maka ketahuilah, tiap raja punya tanah larangan dan tanah larangan Allah SWT di bumi ini merupakan perkara yang diharamkan-Nya. HR. Bukhari dan Muslim.

Dari hadist tersebut bisa disimpulkan bahwa sebagai seorang muslimah yang taat alangkah baiknya jika meninggalkan perkara yang berbau syubhat, sebab yang demikian tersebut jauh lebih baik menurut Allah SWT.

Nah, itulah sekilas informasi yang bisa kami bagikan tentang wanita mencukur alis menurut pandangan Islam yang penting Anda tahu. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *