Tips Hemat Untuk Menikmati Indahnya Pulau Labengki

Masyarakat Thailand boleh bangga dengan Phi-phi Island, yaitu sebuah kepulauan yang terletak antara Phuket dan Thailand daratan. Kepulauan tersebut menyajikan pemandangan alam yang sangat cantik. Wajar saja jika akhirnya Phi-phi Island jadi pariwisata andalan Thailand yang mampu mengundang ribuan turis dari mancanegara tiap tahunnya. Bahkan, pulau ini sampai pernah dijadikan lokasi syuting film The Beach yang dibintangi Leonardo Dicaprio.

Tapi Indonesia jelas tak kalah keren dari Thailand di sektor pariwisata bahari. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 13.000 pulau, Indonesia juga punya banyak sekali destinasi wisata bahari yang menakjubkan. Salah satunya adalah kepulauan Raja Ampat di Papua Barat. Raja ampat bukan hanya menawarkan keindahan di permukaan, tapi juga sampai alam bawah laut dan keunikan budayanya.

Selain Raja Ampat, ada juga pulau Labengki di Sulawesi Tenggara. Keindahan Labengki bisa disejajarkan dengan Raja Ampat. Selain karena gugusan pulau kecilnya yang menyerupai Raja Ampat, Labengki juga menyimpan keunikan dari kehidupan masyarakat suku Bajo yang jadi penghuninya. Disana banyak spot keren untuk snorkeling dan diving, berfoto, menikmati hammock di bawah terang bulan, taning, dan masih banyak lagi.

image1

Sumber Gambar : http://tukangjalan.com/web/wp-content/uploads/2016/06/Labengki.jpg

Tapi untuk bisa merasakan keindahan Labengki, dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Maklum saja, transportasi menuju labengki tergolong mahal, terutama bagi yang tinggal di luar pulau Sulawesi. Tenang saja, kamu tetap bisa kok mengunjungi Labengki dengan biaya seminimal mungkin, misalnya dengan melakukan cara seperti ini:

Cari Promo Tiket Pesawat

Untuk mencapai Labengki, terlebih dahulu traveler harus mencari penerbangan menuju Kendari. Jika dari Jakarta, harga tiket pesawat sekali terbang per orang berkisar 1,2 juta hingga 2 juta rupiah. Harga tersebut masih bisa ditekan kalau kamu rajin mencari harga tiket termurah. Menurut situs pemantau harga tiket pesawat, Cheap Air, waktu terbaik untuk mendapat tiket pesawat murah adalah membelinya pada 54 hari sebelum keberangkatan atau pada saat prime booking window antara tiga minggu sampai tiga bulan sebelum keberangkatan.

Liburan Saat Weekday

Saat musim libur tiba atau peak season, banyak penyedia kebutuhan akomodasi dan transportasi yang sengaja menaikan harga. Untuk itu, pilihlah jadwal liburan saat weekday. Selain bisa mendapat harga tiket termurah, liburan di waktu seperti ini memungkinkan traveler untuk merasakan liburan yang lebih tenang karena lokasi yang dituju sedang tidak terlalu banyak dikunjungi wisatawan. Kamu juga bisa memilih jadwal keberangkatan setelah puncak masa liburan. Tapi, memiliki waktu untuk berlibur di hari kerja tidaklah mudah. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah membuat jadwal sejak jauh-jauh hari dan menyiapkan plan B jika di tanggal yang kamu pilih terjadi sesuatu yang bisa menunda liburanmu.

Cari Teman

Salah satu kendala yang bakal dihadapi traveler saat berlibur ke Labengki adalah mahalnya biaya untuk transportasi laut yang digunakan untuk menyebrang dari Kendari atau titik penyebrangan lainnya di Sulawesi Tenggara menuju Labengki. Kapal yang tersedia biasanya memasang tarif hingga jutaan rupiah. Untuk menyiasatinya, ajaklah orang sebanyak mungkin. Jadi kamu bisa berbagi beban anggaran transportasi. Kamu bisa ajak teman atau bahkan orang yang tidak kamu kenal sebelumnya. Caranya mudah, kamu tinggal buat sebuah ajakan atau invitation di media sosial dalam bentuk open trip. Hal inilah yang sering dilakukan para traveler handal untuk pergi ke tempat-tempat yang mahal untuk dijangkau.

Susun Itenerary Sebaik Mungkin

Itenerary perjalanan bukanlah sesuatu yang remeh. Kalau kamu tidak menyusunnya dengan baik, jangan heran jika liburan kamu bisa menjadi berantakan dan anggaran pun membengkak. Di Labengki, ada beberapa agenda yang bisa kamu lakukan seperti snorkling, diving, berjemur, hammocking, mempelajari budaya suku Bajo, sampai mengeksplor pulau-pulau disekitar Labengki menggunakan kapal. Pelajari semuanya melalui informasi yang kamu dapat dari internet, lalu susun agenda mana yang paling memungkinkan untuk dilakukan sesuai biaya dan waktu yang kamu miliki.

Backpacking

Tidak ada salahnya jika kamu mencoba pergi ke Labengki dengan cara backpacking. Para backpacker biasanya rela menumpang di kendaraan pedagang, menginap di rumah warga, sampai kerja paruh waktu untuk mendapatkan uang. Selain bisa menekan biaya perjalanan dan akomodasi, menjadi backpacker juga bisa menghadirkan cerita yang mengesankan dalam kehidupanmu. Sudah banyak backpacker yang berhasil mencapai tujuannya dengan cara yang seperti ini, bahkan hingga mampu keliling Indonesia atau beberapa negara di dunia. Tapi bukan berarti backpacking adalah kegiatan traveling tanpa rencana. Dibutuhkan persiapan matang sebelum melakukannya seperti menjaga kondisi fisik, mempelajari kondisi tempat yang mungkin akan dikunjungi, mempelajari adat yang berlaku di berbagai tempat, dan pastinya mempelajari kisah backpacker lainnya sebagai referensi.

Jual Kisah Perjalanan Kamu

Labengki menyimpan banyak keindahan dan keunikan yang layak untuk dibagikan kepada orang banyak. Selain itu, pamor wisata di Labengki belum setenar Raja Ampat. Jadi, manfaatkan hal ini untuk meraup rupiah. Kemas cerita perjalanmu dalam bentuk blog, video blog (Vlog), buku, atau photo story di Instagram. Semakin banyak orang yang menyukai cerita kamu, maka peluang untuk meraup rupiah pun semakin besar.

Jadi, lekas atur jadwal liburanmu dan nikmatilah eksotisnya pulau di tenggara Sulawesi itu. Rasakan sensasi liburan di tempat yang tak kalah cantik dari Phi-phi Island. Cari tiket murah di Reservasi.com agar pejalananmu menjadi lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *