Tetap Awet! Simak Tips 5M Merawat Batik Solo

Hampir seluruh masyarakat memiliki setidaknya satu bahkan lebih batik di lemari. Batik memiliki nilai seni yang tinggi seperti batik solo, untuk itu penting mengetahui bagaimana merawat batik agar kualitasnya tetap terjaga. Artikel ini akan membagikan tips 5M yakni merendam, mencuci, menjemur, menyetrika, dan menyimpan yang benar untuk merawat batik.

  1. Merendam
    Sebelum mencuci batik, rendam lah terlebih dahulu dengan menggunakan air biasa atau air hangat selama 5-10 menit, sehingga dapat memudahkan Anda untuk mencuci batik. Dengan merendam, maka noda atau kotoran yang menempel pada pakaian akan larut dan menyatu dengan air.
  1. Mencuci
    Cucilah batik dengan menggunakan sabun khusus batik atau bila Anda tidak mau ribet bisa juga menggunakan shampoo rambut. Lakukan proses mencuci ini dengan tangan Anda dan hindari penggunaan mesin cuci apalagi sikat gosok. Bila noda dipakai kan Anda sulit untuk dibersihkan, Anda bisa menggunakan kulit jeruk atau sabun mandi. Caranya cukup mudah, usapkan kulit jeruk atau sabun pada bagian yang kotor saja dan rendam kembali pakaian
  1. Menjemur
    Setelah mencuci maka biasanya dilanjutkan dengan proses menjemur. Sering kali kita menggunakan mesin pengering agar air di pakaian berkurang, namun hal ini justru dapat membuat serat kain batik menjadi cepat rusak. Selain itu, jemur lah pakaian tidak bawah sinar matahari sehingga warna pakaian tetap terjaga, bisa juga dengan di angin – anginkan hingga batik kering dengan sendirinya.
  1. Menyetrika
    Agar tetap terlihat rapi, Anda bisa menyetrika batik sebelum di kenakan atau disimpan. Namun tidak dilakukan dengan asal – asalan, caranya dengan membalik pakaian dimana sisi dalam berada di luar. Hal ini untuk mencegah warna batik tidak cepat pudar.
  1. Menyimpan
    Anda bisa menyimpan batik di tempat yang tidak lembap, hal ini untuk menghindari adanya jamur. Selain itu Anda bisa bisa melipat atau menggantung pakaian sesuai keinginan Anda.

Itulah tips 5M yang bisa Anda ikuti untuk merawat batik solo agar tetap awet, semoga informasi di atas dapat membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *