Selain wortel, ini 3 buah dan sayur yang berfungsi menjaga kesehatan mata

 

Mata merupakan salah satu panca indera yang paling penting didalam tubuh manusia. Salah satu untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang baik dan sesuai dengan yang dibutuhkan mata. Selama ini kita selalu terpaku pada wortel sebagai sayuran kaya vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Namun ternyata masih banyak buah dan sayuran lainnya yang tak kalah berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Berikut 3 buah dan sayur yang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan mata :

  1. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Buah dengan rasa masam manis ini mengandung vitamin C yang merupakan kunci untuk kesehatan mata. vitamin C dapat memerangi perkembangan katarak, dan bila dikombinasikan dengan nutrisi lainnya dapat mengatasi degenerasi makula terkait usia – penurunan penglihatan

  1. Bayam

Sayuran yang biasanya diolah menjadi sayur bening ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan mata. Dilansir dari The Health Site, bayam kaya antioksidan, yaitu lutein dan zeaxathin, yang dapat mencegah degenerasi makula terkait usia dan katarak yang seringkali menyerang orangtua.

  1. Rambutan

Buah dengan kulit berduri lunak ini juga memiliki Kandungan vitamin C dan bioflavonoids  yang merupakan pigmen tumbuhan dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kedua kandungan ini akan saling melengkapi mengurangi resiko gangguan penglihatan dengan melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas seperti katarak dan degenerasi makula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *