Perbedaan Pakaian Kantor, Formal, Casual, dan Bebas

Adat dan budaya ada untuk menawarkan aturan dalam kehidupan sosial. Dimulai dengan hal-hal kecil seperti cara berpakaian juga membantu menjadi objek. Hampir setiap negara memiliki kode pakaian atau dress code sendiri. Fungsinya untuk menyesuaikan kehadiran di acara tersebut dan tetap nyaman.

Perbedaan antara pakaian kantor, pakaian formal, kasual dan bebas

Ada berbagai kategori kode pakaian yang diketahui publik, termasuk formal, informal dan bebas. Jika Anda tidak tahu banyak tentang ketiganya, pertimbangkan perbedaan berikut di kantor, pakaian formal,  pakaian casual pria, dan pakaian bebas sehingga Anda tidak mengalami salah kostum:

1. Pakaian formal

Pertama, ada gaya pakaian formal yang biasanya dipakai ketika Anda datang ke acara penting, acara khusus atau besar. Misalnya, pertemuan presiden, pertemuan perguruan tinggi pengusaha atau pesta besar. Untuk pria, pakaian yang cocok secara formal terlihat seperti jas tuksedo dengan busur. Di Indonesia, baju batik umumnya juga bisa digunakan untuk acara formal. Selain melestarikan budaya, mengenakan batik terlihat lebih sederhana, tetapi tetap rapi.

Bagi wanita Anda melihat gaya formal yang bagus dari saat pemilihan kebaya bahkan batik dengan desain yang modern sehingga tidak terlihat kuno. Pakaiannya terlihat bagus dengan tambahan aksesoris dan sepatu hak tinggi. Untuk pesta formal, wanita juga bisa memadukan rok atau celana dengan blus. Gaun panjang atau juga pendek dengan desain yang minimalis tentu saja sangat cocok untuk menghadiri acara pesta formal.

2. Pakaian casual

Gaya santai cukup populer di kalangan banyak orang, terutama milenium. Gaya ini lebih fleksibel dan memiliki kesan santai. Casual biasanya juga dikategorikan sebagai kode non-dress karena Anda bisa mengenakan pakaian secara bebas, tetapi tetap bisa sopan. Gaya kasual paling sederhana untuk wanita adalah penggunaan jeans dalam kombinasi dengan berbagai model atasan seperti t-shirt, blus, hoodies dan sebagainya. Di kaki Anda, Anda dapat bergaya dengan sepatu kets, sepatu flat, sepatu bot atau bahkan sepatu hak tinggi.

Tidak jauh berbeda dengan wanita, pria juga bisa mengenakan jeans dengan atasan kemeja, hoodie atau kemeja flanel untuk gaya kasual. Jutaan sepatu kasual pria favorit adalah sepatu kets. Anda juga dapat menggunakan gaya informal saat bekerja atau belajar. Kode mode ini juga disebut bisnis kasual. Kenakan celana berwarna netral dengan campuran t-shirt gaya kasual, namun tetap formal. Untuk wanita, anting, gelang, kalung atau jam tangan bisa diaplikasikan agar terlihat lebih menawan.

3. Pakaian informal

Akhirnya, ada kode pakaian informal yang sering dipakai oleh karyawan perusahaan besar. Dapat juga digunakan saat menghadiri acara serius. Kesan gaya kasual seringkali kaku tetapi lebih elegan dari smart casual.

Yang paling khas dari gaya kasual merupakan penggunaan dasi panjang dengan kemeja sederhana lengkap dengan setelan dan celana pria. Loafer sepatu Janis juga mutlak harus digunakan. Sementara wanita, jas, blazer dan rok selalu identik dengan gaya kasual. Selain itu, gaya rambut harus terlihat cantik untuk pria dan wanita.

4. Pakaian semi formal

Gaya semi-kasual adalah hubungan antara gaya untuk perusahaan dan pesta. Kesan yang bagus dan glamor sangat menonjol di sini. Gaya semi formal biasanya dipakai untuk menghadiri rapat kantor, atau mungkin untuk pesta tertentu. Lebih khusus, gaya semi-informal tidak berbeda dari gaya informal. Namun bagi wanita, penggunaan gaun hitam sangat populer untuk gaya elegan dan informal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *