Penyebab Umum Infeksi Virus Yang Harus Diketahui

Menurut alodokter.com, infeksi virus merupakan keadaan ketika virus masuk ke dalam tubuh manusia dan virus tersebut menyerang sel-sel di dalam tubuh sekaligus berkembang biak di dalamnya. Banyak sekali jenis virus yang bisa masuk ke dalam tubuh yang menjadi penyebab umum infeksi virus, dan tergantung dari bagian tubuh mana yang diserang. 

Yang perlu kamu ketahui adalah, untuk kondisi orang yang terkena virus bisa menularkan virus tersebut ke orang lain dan umumnya melalui udara. Contohnya adalah penyakit yang pastinya sudah sering kamu temui bahkan kamu alami sendiri, flu. Selain dari flu, adapula HIV, serta herpes yang bisa menular meskipun bukan dari udara. Kemudian adapula virus yang bisa ditularkan melalui gigitan dari hewan atau serangga. Karena dengan gigitan tersebut, terjadi kontak langsung antar manusia dengan hewan atau serangga. 

Gejala

Gejala-gejala yang dialami oleh manusia jika terkena infeksi virus sebenarnya bermacam-macam karena tergantung dari virus apa yang mengenai tubuh. Namun, umumnya adalah gejala-gejala seperti demam, batuk-batuk, pilek, bersin-bersin, sakit kepala, nyeri pada otot dan sendi, mengalami diare, nafsu makan yang menurun, mendadak berat badan menurun dengan tanpa sebab. Urine yang berubah warna menjadi lebih gelap. Timbulnya ruam-ruam pada kulit. Muncul juga benjolan pada kulit. 

Gejala lain yang bisa disebabkan oleh virus adalah kram pada perut, nafsu makan yang mendadak menurun, perdarahan, serta kulit dan bagian-bagian putih pada mata berubah menjadi kuning. Bagi kamu yang mengalami suhu tubuh lebih dari 39 derajat selsius atau lebih, agar segera pergi mengunjungi dokter. Kamu pun harus memperhatikan setiap gejala yang menyerang tubuh, di antaranya ialah sakit kepala yang semakin berat, merasakan sesak napas, merasakan sakit pada dada serta perut, muntah yang terus menerus, kejang-kejang, dan merasakan kaku pada leher, juga sakit ketika menunduk.

Penyebab 

Di awal sudah dijelaskan penyebab umum infeksi virus yang bisa mengenai manusia. Selain penyebab umum, ada pula penyebab-penyebab lainnya karena banyaknya jenis virus yang bisa menginfeksi manusia. Ada contoh untuk infeksi pada saluran pernapasan, sudah pasti virus yang menginfeksi akan berbeda dengan virus yang menginfeksi sistem pencernaan manusia. Berikut ini merupakan penjelasan untuk beberapa virus yang bisa menginfeksi tubuh manusia dilihat dari organ yang dikenai serta cara penyebarannya.

Infeksi Virus Untuk Saluran Pencernaan

Seperti namanya, infeksi saluran untuk pencernaan ini sudah pasti menyerang sistem pencernaan contohnya usus dan lambung. Untuk cara penyebarannya, virus ini akan menular ketika  menggunakan barang-barang pribadi milik pengidap. Tidak hanya itu, penularan juga bisa melalui sumber air atau makanan yang sudah terkontaminasi oleh kotoran pengidap. Kamu pun harus benar-benar menjaga kebersihan seperti mencuci tangan dengan sangat bersih setelah buang air besar, karena virus yang sedikit saja menempel pada mulut akan tetap bisa menyebar.

Infeksi Virus Untuk Kulit

Infeksi virus pada kulit sudah pasti akan membuat masalah pada kulit manusia. Cara penularannya pun biasanya melalui ludah pengidap yang mengenai seseorang, seperti jika pengidap bersin atau batuk, kemudian mengenai seseorang, maka orang tersebut bisa saja langsung terinfeksi juga. Lalu, ada pula orang yang terkena infeksi kulit melewati nyamuk.

Infeksi Virus Pada Sistem Saraf

Kamu sudah pasti tahu bahwa sistem saraf adalah sistem yang sangat fatal dan penting untuk tubuh manusia. Sayangnya, adapula virus yang menyerang sistem saraf dan cara penyebarannya pun bermacam-macam tergantung dari sistem saraf mana yang terkena infeksi.Itulah ulasan mengenai penyebab umum infeksi virus yang harus kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *