Objek Wisata Gunung Api Nglanggeran


Gunung Api Nglanggeran merupakan salah satu objek wisata yang menjadi favorit wisatawan di Jogja. Objek wisata ini menampilkan pemandangan yang eksotis dengan batuan hitam yang menjulang tinggi di ketinggian antara 200-700 mdpl. Gunung Api Nglanggeran berada di kawasan Baturagung, yakni di bagian utara Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di Desa Nglanggeran, Patuk.

Gunung Api Nglanggeran dikenal juga dengan sebutan Gunung Api Purba. Hal ini disebabkan oleh hasil penelitian para ahli yang menemukan susunan material vulkanik tua pada bentang alamnya. Untuk mendaki gunung ini sebaiknya anda mempersiapkan stamina yang kuat karena medannya yang cukup terjal. Jika anda ragu untuk mendaki puncaknya seorang diri, anda dapat menyewa jasa pemandu yang disediakan di sana. Cuaca yang paling cocok untuk mendaki gunung in adalah pada saat cuaca berawan, sehingga pendakian menuju puncak tidak akan terasa semakin sulit.

Dari puncak Gunung Api Nglanggeran, anda dapat menyaksikan keindahan alam Yogyakarta dari ketinggian. Anda juga dapat membuat kemah di atas puncak gunung untuk menghabiskan malam di sana serta menikmati pemandangan sunrise dan sunset. Tempat wisata Gunung Api Nglanggeran ini sangat cocok bagi anda yang menyukai tantangan dan baru belajar untuk mendaki gunung. Dengan mendaki gunung ini, dapat menjadi sarana anda berlatih agar dapat mendaki gunung yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *