Neymar dan Gilanya Inflasi Harga Pemain Sepakbola

Setiap musim kami dibuat untuk tidak mempercayai harga pemain sepak bola. Dikatakan bola288 pemain termahal di dunia pada tahun 2001 adalah Zinedine Zidane dengan 46,6 juta. Sedangkan hadiah untuk pemain termahal di dunia pada 2016 adalah Paul Pogba dengan 89 juta. Harga pemain dan kinerjanya tidak dapat dibandingkan secara acak, terutama jika kami telah membandingkan harga pemain di masa lalu. Dari paragraf pertama kita tentu tidak dapat menyimpulkan bahwa Pogba lebih kuat daripada Zidane hanya karena harga Pogba lebih mahal.

Masalah panas di jendela transfer musim panas 2017 adalah Neymar, dengan klausul rilis 196,61 juta. Pertanyaannya adalah, apakah Neymar patut dihargai? Sebagai perbandingan, Neymar memiliki harga 85 juta unit berdasarkan Transfer Market. Sementara CIES Football Observatory mengatakan harga pemain Brasil adalah 187,04 juta. Mereka memiliki sistem sendiri untuk menentukan harga ini dan tentu saja tidak ditembak sembarangan.

Jika kita melihat perbandingan lain ketika kita bermain game, harga Neymar di FIFA 17 adalah sekitar 93,86 juta. Sementara Football Manager 2017 memperkirakan bahwa harga Neymar adalah 61,98 juta, tetapi kami hanya dapat membeli jika kami menawarkan sekitar 200 juta. Harga di atas tidak masuk akal mengingat bahwa Zidane hanya “hanya” dihargai 46,6 juta. Namun, Paris Saint-Germain bersiap untuk mengaktifkan harga rilis untuk Neymar, yang pada Juli 2017 mencapai harga £ 196,61 juta atau 222 juta euro atau sekitar 3,4 triliun rupee dengan konversi mata uang.

Meskipun membuatnya semakin pusing, konversi mata uang sangat penting untuk melihat harga pemain sepak bola. Mengapa? Kita bisa mengambil contoh Ederson Moraes, penjaga gawang baru yang dibeli oleh Manchester City dari Benfica. Kiper Brasil berusia 23 tahun ini diselamatkan dengan jumlah 40 juta euro pada 2017. Apakah ia kiper paling mahal di dunia? Tergantung pada. Jika kita melihat euro, itu masih kalah dari Gianluigi Buffon, yang memiliki hadiah 51,664 juta euro. Namun, harga buffon dalam euro terjadi pada tahun 2001, ketika euro masih lemah.

Sementara itu, jika kita melihat pada mata uang paun, harga Buffon sebenarnya lebih rendah dari harga Ederson. Dengan konversi tahun 2001, harga Buffon adalah $ 33 juta. Sedangkan harga Ederson dengan konversi saat ini (2017) adalah 35 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *