Memilih Louhan Sebelum Membelinya

Menurut saya apapun jenis cichlid yang di cross-breed atau kimpoi silang dapat dinamakan louhan (karena nama inilah yang mempopulerkan ikan hasil silangan tersebut), walau sebagian pendapat mengatakan chinghwa atau kamfa bukan louhan cencu. Mungkin terjadi salah kaprah mengenai istilah. Akan tapi apapun istilahnya semua adalah sama, dan pada intinya memberi nama panggilan pada ikan hasil persilangan. Secara jujur Louhan memang banyak dibenci oleh pengemar sejati cichlid, mereka merasa bahwa ini adalah perusakan terhadap genetika suatu makhluk hidup. Tapi bagaimana juga kita sebagai manusia selalu ingin mengetahui bahkan meneliti dan mengembangkan hal-hal yang baru.

  1. Jenis kelamin :
    Menentukan kelamin dari jenis ini gampang-gampang susah. Cara mudahnya adalah anda harus lihat sirip bagian atas, apabila ada spot hitam pada siripnya maka itu adalah betina (moyang amp. trimaculatus), akan tapi hal ini tentu tidak berlaku untuk cencu jenis double grade (marking ganda) dan pada chinghwa, karena hasil cross breed yang berbeda.
  2. Head Marking :
    Karena nenek moyang utama dari louhan cencu ialah amp. trimaculatus, tentunya dipastikan harus memiliki marking pada bagian kepala. Anda harus berhati-hati dengan para penjual louhan itu sendiri yang belum anda ketahui kredibilitasnya, apalagi anda membeli louhan pada ukuran 3 cm, jangan-jangan anda malah membeli red devil (karenapada ukuran 3cm, ada beberapa jenis cichlid yang mempunyai model yang mirip, yakni marking badan dan struktur tubuh).
  3. Body Marking :
    Grade A,B,C, sistem grade berdasarkan garis marking dari bodi, grade A marking sampai pipi, B, marking setengah badan, C, marking hanya 1 atau 2 di bagian badan. Pastikan anda berhati-hati memilih bibit louhan berdasarkan marking, karena bisa jadi marking itu hilang pada saat louhan sudah dewasa, namun ada patokan pasti untuk memilih anakan louhan dengan marking yang pasti. Pilihlah anakan dengan marking yang dikelilingi oleh mutiara berwarna mengkilap silver. Marking ini tidak akah hilang walau ikan sudah dewasa.

Beberapa hal mengenai pemilihan louhan cencu atau sebelum membelinya anda harus benar-benar paham masalah diatas, dengan begitu anda tidak akan tertipu dikemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *