Manfaat Permen Karet untuk Menjaga Kesehatan Gigi


Jika membicarakan permen karet, pastinya banyak orang yang sudah pernah mengunyah atau bahkan hobi untuk mengonsumsinya. Salah satunya adalah kelompok anak-anak yang memang suka dengan permen karet. Strukturnya yang kenyal dan dapat dibuat balon tentunya akan membuat anak-anak atau bahkan orang dewasa suka untuk mengonsumsinya. Seperti yang kita ketahui bahwa beragam jenis permen memang dapat merusak gigi yaitu menimbulkan gigi berlubang, termasuk permen karet yang manis. Namun, hal itu tidak sepenuhnya benar karena ada juga permen karet yang tidak mengandung gula. Permen karet yang tidak mengandung gula ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan gigi. Penasaran? Nah, artikel kali ini akan membahas seputar manfaat dari permen karet untuk gigi kita.

Sudah ada penelitian yang menyebutkan bahwa permen karet dapat memberikan manfaat pada kesehatan gigi. Selain itu, permen karet juga dapat bermanfaat untuk memperbaiki memori, mengurangi berat badan, dan menjadi bau nafas menjadi segar. Selain itu, mengunyah permen karet pun dapat bermanfaat untuk mengurangi kebiasaan merokok. Nah, seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa untuk dapat memperoleh manfaat untuk gigi, tentunya kita harus mengonsumsi permen karet yang non-gula alias yang tidak mengandung gula. Rasa manis yang ada di dalam permen ataupun permen karet biasanya menggunakan pemanis buatan seperti sorbitol, xylitol, dan juga aspartam. Pemanis buatan ini dapat membuat lubang-lubang kecil pada gigi kita.

Langsung saja, inilah manfaat permen karet untuk kesehatan gigi kita yaitu memang benar perman karet bukanlah penggantu dari fungsi menggosok gigi. Namun, dengan mengunyah permen karet secara rutin sekitar 20 menitan khususnya setelah makan dapat membantu memproduksi air liur atau saliva. Tidak hanya itu, mengunyah permen karet pun dapat membantu untuk membunuh bakteri gigi yang cukup efektif. Hal itu dikarenakan dengan produksi air liur yang banyak, zat asam yang dihasilkan oleh bakteri dapat berkurang. Zat asam itulah yang dapat merusak gigi kita cepat atau lambat. Namun, saat sedang nyeri pada gigi, lebih baik untuk menghindari mengunyah permen karet dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *