Jenis-Jenis Adaptasi Pada Makhluk Hidup Beserta Contohnya

Ketika belajar tentang makhluk hidup pasti anda sudah pernah mendengar istilah adaptasi. Dimana adaptasi merupakan cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan supaya bisa bertahan hidup. Melalui definisi tersebut bisa diketahui bahwa salah satu tujuan makhluk hidup beradaptasi yaitu agar bisa bertahan hidup dan terhindari dari kepunahan. Selain itu tujuan dari adaptasi adalah agar makhluk hidup bisa mendapatkan makanan dan melindungi diri dari musuh. Dalam beradaptasi, masing-masing makhluk hidup memiliki cara yang berbeda. Untuk itulah adapatasi pada makhluk hidup terbagi dalam beberapa jenis.

Untuk menambah wawasan anda mengenai jenis-jenis adaptasi yang terjadi pada makhluk hidup maka berikut ini rumusrumus.com akan menjelaskan jenis-jenis adaptasi pada makhluk hidup beserta contohnya.

  1. Adaptasi Morfologi
    Jenis adaptasi ini merupakan cara makhluk hidup menyesuaikan struktur atau bentuk organ tubuh yang terlihat jelas terhadap lingkungannya supaya bisa bertahan hidup. Adaptasi morfologi ini memang mudah dikenali sebab masing-masing makhluk hidup memiliki ciri khas yang menggambarkan lingkungannya. Contoh dari adaptasi morfologi yaitu kulit manusia yang mempunyai rambut-rambut halus dan akan berdiri saat suhu udara menjadi rendah. Selain itu burung memiliki bentuk paruh dan bentuk kaki yang berbeda sesuai dengan tempat hidup dan jenis makanannya.
  2. Adaptasi Fisiologi
    Adaptasi fisiologi merupakan cara makhluk hidup menyesuaikan fungsi organ-organ tubuhnya terhadap lingkungan supaya bisa bertahan hidup. Jenis adaptasi ini bersifat reversibel atau bisa kembali pada kondisi awal. Contohnya musang mempunyai kelenjar bau yang menyengat untuk melindungi dirinya dari musuh, unta memiliki kantung air dipundaknya sebagai tempat menyimpan air dalam jangka panjang, bunga mempunyai bau khas untuk mengundang serangga sehingga bisa membantu penyerbukan.
  3. Adaptasi Tingkah Laku
    Adaptasi jenis ini merupakan cara makhluk hidup menyesuaikan tingkah laku terhadap lingkungan sekitarnya supaya bisa bertahan hidup. Contohnya saat menghidup bau yang tidak sedap maka manusia akan menutup hidungnya, kerbau berkubang di lumpur saat singa hari agar mengurangi sengatan sinar matahari, cicak memutuskan ekornya agar bisa mengelabuhi musuhnya.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis-jenis adaptasi makhluk hidup dan contohnya yang bisa menambah wawasan anda. Jika anda ingin memperoleh informasi seputar pembahasan di atas maka silakan saja kunjungi website melalui link berikut rumusrumus.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *