Inilah Manfaat Penting Zinc Bagi Kesehatan Anak, Pastikan Tercukupi Kebutuhannya

Pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare, sebagian mungkin sudah sering mendengar senyawa yang satu ini, dikenal juga sebagai seng, merupakan salah satu zat yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk diantaranya adalah bagi mereka yang sedang terkena gangguan pencernaan layaknya diare. Hampir semua orang tentunya pernah mengalami diare, kondisi dimana makanan atau minuman yang dikonsumsi tercemar sehingga menyebabkan gangguan pencernaan, ditandai dengan buang air besar secara terus-menerus dan juga tubuh lemas.

Kekurangan asupan zinc pada tubuh, khususnya adalah anak-anak ternyata memiliki tanggungan jawab penting, karena menjadi salah satu penyebab kematian si kecil, setidaknya ada 800.000 anak meninggal dunia setiap tahunnya karena kekurangan senyawa yang satu ini. lalu apa sebenarnya manfaatnya? Berikut yang patut diketahui:

  1. Berguna untuk mengatur kekebalan tubuh, dengan adanya senyawa zinc membantu agar sistem imuns bisa bekerja sebagaimana mestinya untuk cegah infeksi penyakit.
  2. Mempengaruhi proses belajar anak dan juga memorinya, sehingga nantinya buah hati lebih cepat di dalam mengingat sesuatu.
  3. Dapat mengobati penyakit pilek, dengan ketercukupan zinc di dalam tubuh, maka bisa mempercepat penyembuhan penyakit pilek setidaknya sampai 40 persen dibandingkan dengan pemakaian obat-obatan yang lain.
  4. Dapat mempercepat penyembuhan luka, karena zinc ini juga bekerja dalam melindungi membran mukosa atau kulit.
  5. Menajamkan penglihatan, karena zat ini juga berfungsi dalam mencegah terjadinya kerusakan makula yang ada di dalam retina mata, sehingga nantinya perlihatkan menjadi tetap tajam.
  6. Berguna untuk mengobati diare, diare yang terjadi pada anak-anak lebih rentan menyebabkan resiko kematian dibandingkan dengan orang dewasa, apalagi penyembuhannya memakan waktu yang lama. Namun diimbangi dengan konsumsi suplemen atau obat zinc, khususnya di 10 hari pertama maka akan mempercepat terjadinya penyembuhan.

Senyawa ini juga sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang hamil. Jika ingin anak tumbuh kembang secara sehat cukupi kebutuhannya. Begitu pula bagi orang tua yang ingin anak cerdas, maka jangan lupa cukupi asupan DHA buah hati, peran DHA untuk kecerdasan otak anak ini juga tak kalah penting, sekarang tersedia dalam bentuk multivitamin siap konsumsi, temukan di Go Apotik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *