inisiasi-menyusui-dini

Inilah Inisiasi Menyusui Dini Yang Wajib Dibangun

Apakah yang dimaksud dengan inisiasi menyusui dini? Mungkin bagi ibu yang baru saja melahirkan anak pertamanya belum mengetahui makna dari inisiasi menyusui sejak dini. Tentu hal itu bisa dikatakan wajar karena memang masih belum banyak tahu tentang mengurusi anak dan menyusui.

Maka dari itulah, bagi ibu yang masih baru sangat diawasi atau dibimbing oleh ibu yang memang sudah berpengalaman sehingga dia menjadi tahu apa yang harus dilakukan. Termasuk dengan inisiasi menyusui dini.

Seperti yang telah diketahui bahwa inisiasi menyusui dini merupakan salah satu metode seorang bayi secara aktif akan menemukan puting dari ibunya setelah melahirkan. Tentu inisiasi menyusui dini yang biasa disingkat dengan IMD ini harus diterapkan sejak bayi terlahir di dunia ini dan tali pusarnya dipotong oleh dokter, tentu tak perlu menunggu si kecil dimandikan atau dibersihkan terlebih dahulu.

Cara melakukan inisiasi menyusui dini

Jika ibu memang sudah bulat tekatnya untuk menyusui sampai berusia dua tahun, maka begitu bayi lahir letakanlah dalam perut kemudian biarkanlah bayi mencari puting susu dengan dibantu oleh sang ibu. Pertama-tama mungkin bayi belum memiliki reaksi yang positif, sebab bayi masih adaptasi dengan lingkungannya yang baru. Tetapi, dengan bau tangan yang dicium oleh bayi akan membantu bayi untuk menemukan puting susu ibu dengan cara merangkak naik dengan diiringi tekanan kakinya pada perut ibu. Dengan begitu, si bayi akan dapat menemukan puting susu ibu dengan sangat mudah. Tentu ibu tak perlu khawatir jika bayi akan kedinginan, karena kulit ibu akan mampu melindungi bayi dari rasa dingin yang ada.

Tahapan inisiasi menyusui dini

Ada tiga tahapan yang akan dilalui oleh bayi dalam inisiasi menyusui dini, di antaranya adalah:

  • Pada setiap tiga puluh menit bayi akan istirahat siaga, dengan sesekali melihat ibunya.
  • 3-40 Menit bayi akan mulai mengeluarkan suara dan mulai menghisap tangannya sendiri yang dimasukan ke dalam mulut dan kakinya menekan-nekan perut ibu untuk mencari payudara.
  • Bayi akan menjilat-jilat kulit ibunya, menyentuh payudara dengan tangan, menghentakan dadanya pada ibunya, menoleh ke kiri lalu kekanan, baru setelah itu bayi dapat menemukan puting dari ibunya, dia akan menjilat puting yang sudah anda siapkan untuk bayi anda.

Itulah tadi pembahasan tentang inisiasi menyusui dini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *