Berikut ini Cara Memberikan Pertolongan yang Harus Kalian Ketahui!

 

Bagi kalian yang mempunyai saudara yang mengidap penyakit jantung entah orang tua atau siapapun atau bisa saja kalian menemui orang yang secara tiba-tiba mengalami serangan jantung, maka penting bagi kalian untuk mengetahui pertolongan pertama serangan jantung. hal pertama yang perlu dilakukan adalah:

 

  1. Jika kalian menemui seseorang yang terkena serangan jantung maka usahakan orang tersebut duduk beristirahat dan berusaha tetap tenang. Ia dapat duduk di kursi, di lantai, atau bersandar pada dinding.
  2. Longgarkan semua pakaian mereka.
  3. Cek apakan mereka mempunyai obat penyakitnya, jika mereka sudah pernah diresepkan obat nitrogliserin sebelumnya oleh dokter, segera berikan dengan meletakkan tablet di bawah lidah.
  4. Jika mereka tidak memiliki riwayat perdarahan atau pun alergi, pasien dapat diberikan aspirin 325 mg untuk dikunyah.
  5. Segera hubungi UGD atau rumah sakit terdekat secepat mungkin.
  6. Jika pasien tidak sadar atau tidak merespons segera lakukan RJP (resusitasi jantung paru) setelah menghubungi UGD. Jika pasien adalah balita atau anak-anak lakukan RJP terlebih dahulu selama satu menit sebelum mengontak UGD
  7. Panggil bantuan terdekat jika Anda merasa panik. Tetapi jangan sekali-sekali meninggalkan pasien sendirian.
  8. Berikan kata – kata yang positif sambil menunggu ambulans datang.
  9. Jangan menunggu hingga gejala berlalu untuk memanggil bantuan. Juga jangan membujuk pasien untuk menganggap bahwa gejalanya adalah hal biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *