Beragam Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan

Tidak seperti bakteri, sering disebut sebagai penyebab penyakit, probiotik adalah bakteri atau jamur yang dapat mendukung sistem pencernaan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tubuh manusia dipenuhi dengan berbagai jenis bakteri, bakteri baik dan jahat. Probiotik sering disebut bakteri baik karena memberi makan usus manusia.

Probiotik dapat bermanfaat bagi tubuh dengan menyebabkan pertumbuhan bakteri baik baru yang hilang akibat antibiotik. Probiotik juga membantu menekan bakteri jahat dalam sistem pencernaan, yang dapat menyebabkan gangguan dan keseimbangan dalam jumlah bakteri baik dan buruk.

Lactobacillus
Lactobacillus adalah jenis probiotik yang paling umum digunakan. Ada lebih dari 50 jenis bakteri Lactobacilli yang muncul secara alami di saluran pencernaan, saluran kemih dan alat kelamin. Probiotik ini sering ditemukan dalam yogurt atau makanan fermentasi lainnya. Probiotik ini juga dapat membantu meredakan diare dan membantu orang yang alergi terhadap laktosa.

Bifidobacteria
Bifidobacteria memiliki sekitar 30 spesies berbeda. Bakteri ini biasanya ditemukan di usus besar. Jenis asupan probiotik ini diyakini bermanfaat dalam meredakan gejala sindrom iritasi usus besar.

Streptococcus thermophilus
Streptococcus thermophilus dapat menghasilkan enzim laktase, yang dapat mencegah intoleransi laktosa. Lalu ada jenis lain yang dikenal sebagai probiotik Leuconostoc. Probiotik ini banyak digunakan dalam pengolahan makanan.

Saccharomyces
Saccharomyces adalah probiotik jamur yang sering digunakan untuk mencegah dan mengobati diare. Mengkonsumsi probiotik jenis ini, dalam bentuk makanan dan minuman, dapat membantu mengurangi jerawat dan mengurangi efek samping dari pengobatan gastrointestinal yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *