Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

Bagiamana Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Terkait Peraturan Terbaru?

Bagi para peserta BPJS ketenagakerjaan tahukah anda bahwa ada kebijakan baru pemerintah tentang tata cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan terkait dengan saldo JHT atau jaminan hari tua 10%, 30% dan 100%. Bagi anda yang belum mengetahui kebijakan terbaru pemerintah ini, maka informasi berikut ini semoga bisa menambah pengetahuan anda. Jadi, bagi anda peserta BPJS ketenagakerjaan yang ingin mencairkan saldo JHT 10% dan 30% sesuai dengan kebijakan terbaru, maka kini hanya berlaku bagi peserta BPJS ketenagakerjaan yang masih aktif bekerja di sebuah perusahaan dengan minimal syarat usia peserta yaitu 10 tahun. Namun pencairan saldo JHT ini tidak bisa anda lakukan kedua duanya, anda harus memilih dari 2 pilihan yang ada yaitu antara 10% untuk mempersiapkan pensiun, atau 30% untuk biaya rumah.

Jika sudah mengetahui syarat pertama yang harus dipenuhi maka, ada syarat lainnya yang juga harus anda lengkapi, yaitu berupa dokumen. Dokumen-dokumen ini juga meruapakan salah satu tata cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan terkait dengan saldo JHT 10%, 30% dan 100% yang disiapkan agar nantinya pencairan bisa diproses dengan cepat adalah berikut ini. Untuk syaratnya sudah dibagi menurut berapa besar persennya.

Untuk klaim saldo JHT 10%

  1. Fotocopy dan asli kartu peserta BPJS ketenagakerjaan
  2. Fotocopy dan asli kartu keluarga
  3. Fotocopy dan asli KTP maupun SIM
  4. Surat keterangan aktif bekerja di sebuah perusahaan
  5. Buku rekening tabungan yang dimiliki

Untuk klaim saldo 30%

  1. Fotocopy dan asli kartu peserta BPJS ketenagakerjaan
  2. Fotocopy dan asli KTP atau SIM
  3. Fotocopy san asli kartu keluarga
  4. Surat aktif bekerja di sebuah perusahaan
  5. Buku rekening tabungan yang miliki
  6. Dokumen perumahan

Itu adalah beberapa syarat yang bisa anda tempuh untuk tata cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan terkait dengan saldo JHT 10% dan 30%. Untuk klaim saldo JHT 100% syarat pertama anda tidak sebagai pekerja aktif di sebuah perusahaan, jika anda sudah tidak bekerja di perushaan tersebut selama 1 bulan, maka klaim saldo JHT 100% ini bisa anda proses. Syaratnya sama dengan yang JHT 10%, hanya saja anda harus menyiapkan dokumen fotocopy Paklaring. Semua syarat syarat di atas harus anda patuhi, agar proses pencairan berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *