5 Cara Hidup Hemat di Jakarta Untuk Para Perantau

Upah Minimum Regional (UMR) Kota Jakarta memang bukan yang terbesar. Namun orang-orang berlomba-lomba ingin merantau ke Jakarta, mengapa? Jakarta merupakan episentrum bisnis di Indonesia, dimana hampir semua korporasi besar menancapkan pengaruhnya di Jakarta. Jadi ada banyak sekali perusahaan di Jakarta yang memberi upah diatas UMR. Tak hanya itu, pilihan profesi di Jakarta jauh lebih banyak dibanding kota lainnya di Indonesia. Belum habis sampai disitu, Jakarta juga merupakan pusat entertainment, jadi ada banyak sekali peluang menjadi pekerja seni sukses di Jakarta.  Bagi kamu yang sedang merantau di Jakarta, cek 5 cara hidup hemat di Jakarta untuk para perantau berikut ini.

  1. Cari Tempat Tinggal Murah Namun Nyaman

Setelah menginjakan kaki di Jakarta, tentunya kamu membutuhkan tempat tinggal. Persoalan memilih tempat tinggal di Jakarta ini memang lumayan complicated karena rata-rata tempat penginapan di Jakarta dibandrol dengan harga sewa lumayan mahal. Untuk menghemat biaya transportasi, sebaiknya cari tempat penginapan yang berdekatan dengan kantor. Carilah yang paling murah namun dengan tingkat kenyamanan lumayan tinggi. Kamu bisa mencari informasi tempat penginapan seperti tempat kost atau guest house lewat aplikasi atau browsing lewat internet. Untuk opsi yang lebih hemat, kamu bisa mengajak teman sepekerjaan sehingga biaya tempat penginapan menjadi lebih murah. Jika kamu punya saudara di Jakarta, maka kamu bisa memanfaatkan ruang-ruang kosong di rumah saudaramu untuk kamu jadikan tempat penginapan.

  1. Jalan Kaki atau Naik Kendaraan Umum

Bagi kamu yang sedang merantau di Jakarta, sebaiknya budayakan jalan kaki, atau maksimal naik kendaraan umum. Jika kantormu lumayan dekat, kamu bisa jalan kaki sambil bercengkrama dengan orang-orang di jalanan. Jika dalam sebulan kamu terus jalan kaki ke kantor, maka kamu tak keluar uang sama sekali untuk biaya transportasi. Namun jika letak kantormu lumayan jauh, maka kamu bisa menggunakan moda transportasi. Menggunakan transportasi online seperti ojek online memang bisa menjadi opsi transportasi terbaik karena lebih cepat, namun kamu harus pikirkan biayanya juga. Opsi transportasi yang paling murah di Jakarta tentunya dengan menggunakan busway. Kamu bisa pergi dari tempat tinggal ke kantor dengan biaya yang sangat murah sekali.

  1. Makan di Warteg atau Masak Sendiri

Persoalan mengisi perut memang dapat menjadi penghalang untuk hidup hemat. Bagi perantau seperti kamu, biasakanlah hidup sederhana dengan membeli makanan di warteg atau masak sendiri. Jadi ketika kamu ingin makan siang, maka segera kunjungi warteg, jangan malah pesan makanan lewat delivery order.  Dengan biaya kurang dari 15 ribu, kamu sudah bisa makan enak dan kenyang. Ketika pulang ke rumah, kamu bisa masak masakan sendiri sehingga kamu bisa menghemat budget hingga berkali-kali lipat.

  1. Belanja Online Saja

Jakarta merupakan kota dengan ratusan mall dan supermarket paling high-class di Indonesia.  Jika kamu menuruti syahwat shopping yang menggebu-gebu, maka kamu tak akan berpikir panjang untuk pergi ke mall atau supermarket. Bagi perantau seperti kamu, sebaiknya hindari belanja di mall atau supermarket karena ada opsi belanja lain yang lebih murah yaitu belanja online. Beberapa online marketplace sering sekali menawarkan promo diskon voucher belanja, salah satunya yaitu Lazada Indonesia.  Kamu bisa mendapatkan promo diskon voucher belanja Lazada Indonesia dengan presentase yang sangat tinggi sehinga kamu bisa belanja dengan biaya yang lebih rendah.

  1. Kurangi Nongkrong

Jakarta memiliki banyak sekali tempat nongkrong yang sangat berkualitas. Ada banyak sekali kafe yang menawarkan ruangan yang cozy, makanan dan minuman dengan premium taste, dan suguhan musik yang berkualitas. Bagi anak rantau, sebaiknya jangan terlalu tergoda untuk nongkrong karena uangmu akan habis dalam waktu yang sangat cepat. Agar lebih hemat, sebaiknya nongrong dilakukan sekali saja dalam seminggu yaitu pada saat weekend.

Bagi kamu anak rantau yang sedang mencoba survive di Jakarta, sebaiknya kamu aplikasikan beberapa cara hidup hemat diatas ya. Kuncinya satu jika kamu ingin hidup nyaman di Jakarta yaitu berhemat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *